MAKALAH TIK


MAKALAH KOMPUTER
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Oleh
Nama                   : Egi  Emeninta Karina Br Gurusinga
NPM           : 1805030046

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS QUALITY
MEDAN
2018



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa penyususan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan karena berbagai keterbatasan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh penulis.

Makalah ini dibuat dengan tujuan agar pembaca dapat lebih memahami, mengerti dan menambah ilmu pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang saya sajikan dari berbagai sumber baik itu dari sumber internet, buku, dan pemikiran saya sendiri.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca ataupun pendengar.Mudah-mudahan dapat memberikan atau menambah wawasan yang lebih luas lagi. Penulisan makalah ini bertujuan  untuk  memenuhi salah satu tugas Komputer. Makalah  ini berjudulTeknologiInformasidanKomunikasi.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan baik isi maupun penulisan tata bahasa dalam makalah ini.Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca guna kesempurnaan makalah ini. Agar makalah ini dapat berguna bagi semua orang. Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih.


                                                     



                                                                                                            Medan, Desember 2018
Penulis

                           
EgiEmeninta Karina

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ....................................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .............................................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah .......................................................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan ............................................................................................................ 2
D. Manfaat Penulisan ......................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian TIK............................................................................................................... 3
B.Sejarah TIK...................................................................................................................... 4
C.KomponendanBagian TIK.............................................................................................. 5
D.Perkembangan TIKdalamDuniaPendidikan.................................................................... 7
E.Macam-macamPerangkat TIK......................................................................................... 11


BAB III PENUTUP 
A. Simpulan ........................................................................................................................ 16
B. Saran .............................................................................................................................. 16

DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 17




BAB I
PENDAHULUAN

A.             Latar Belakang
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics)untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication +informatics (telekomunikasi +informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK.

Pada dasarnyasetiap orang dapat berkomunikasi satusamalainya karena yang lainnya karena manusia selain mahluk individu juga sekaligus mahluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dengan sesama. Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.Teknologi informasi dan komunikasi adalah alat-alat hasil perkembangan teknologi yang dipergunakan dalam pengumpulan, pengolahan, dan penyaluran informasi sebagai salah satu proses komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang sesuai zamannya.

Teknologi informasi serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deretukur. Dari tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam, dan dari jam ke detik.Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat pada suatu argumen, bahwa: informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus kehilangan kehumanisannya.
Manusia tidak bias lepas dari pendidikan yang sebenarnya juga merupakan kegiatan informasi, bahkan dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.



B.             Perumusan masalah
1.      Apa Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi?
2.      Apa Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia Pendidikan?
3.      Bagaimanakah manusia mengenal teknologi Informasi pada zaman dahulu?
4.      Hal – hal apa sajakah yang termasuk ke dalam komponen teknologi informasi?

C.             Tujuan penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
Ø  Untuk mengetahui dan memahami Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Ø  Untuk mengetahui Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia Pendidikan.
Ø  Supayamanusia mengenal teknologi Informasi pada zaman dahulu.
Ø  Hal – hal apa saja yang termasuk ke dalam komponen teknologi informasi.

D.             Manfaat penulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah :
Ø  Mempelajari tentang TeknologidanKomunikasi.
Ø  Mengetahui bagaimana manfaatTeknologidanKomunikasidalamduniapendidikan.
Ø  Untuk memenuhi salah satu tugas Komputer.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Teknologi  Informasi dan  Komunikasi
TIK ( TeknologiInformasidanKomunikasi ) adalahpayungbesar terminology yang mencakupseluruhperalatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi, TIK mencakup dua aspek yaitu, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,manipulasi,dan pengelolaan informasi,Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemerosesan, manipulasi, pengelolaaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi computer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Pengertian teknologi informas menurut beberapa ahli teknologi informasi : 
1.      Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995
2.      Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)  
3.      Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
4.      Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000). 
5.      Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003).
6.      Teknologi informasi dan komunikasi merupakan perangkat keras yang bersifat organisatoris dan meneruskan nilai nilai sosial dengan setiap individu atau dengan mengumpulkan banyak orang, proses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau dengan khalayak lain (Everett MR 1986).
7.      Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, memanipulasi data dengan bagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas (Wawan Wardiana (2000).

Dari pendapat-pendapat para ahli diatas yang sebenarnya masih banyak lagi, mungin kesimpulannya bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah alat atau teknologi yang digunakan untuk memperoleh informasi.

Kesimpulan pengertian ini tidak lepas dari arti teknologi informasi dan komunikasi dalam kamus bahasa Indonesia. Jika teknologi yang dimaksud menggunakan alat elektronis yang dapat berupa komputer, maka sangat jelas teknologi informasi dan komunikasi dapat proses pengolahan data berupa informasi dengan menggunakan perangkat komputer yang berfungsi memproses termasuk menyimpan dan menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Pemprosesan data (informasi) dengan melalui perangkat komputerakan berkaitan dengan perangkat lunak dan perangkat keras, dari dua hal inilah proses berlangsung, dimana perangkat keras menyangkut dengan alat-alat fisik sedangkan perangkat lunak berupa aplikasi yang dimiliki komputer yang bertujuan untuk mengatur perangkat keras dalam bekerja.

B.   Sejarah  TIK

Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) sebenarnya telah dikenal oleh manusia sejak beraabad-abad lalu. Sejak manusia pertama ada dimuka bumi, manusia selalu berusaha untuk mengkomunikasikan segala sesuatu yang ada disekitarnya dengan berbagai cara.

Zaman prasejarah adalah masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Pada masa itu manusia berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan bahasa lisan yang masih sangat sederhana. Manusia saat itu juga mempunyai tradisi membuat lukisan-lukisan didinding gua. Pada tahun 3000 SM, Bangsa Sumeria telah mengenal tulisan dalam bentuk symbol-simbol yang dinamakan “pictograf”. Hal ini membuat mereka menjadi bangsa pertama didunia yang mengenal tulisan. Semenjak bangsa-bangsa didunia mengenal tulisan, cara berkomunikasi manusia semakin mengalami kemajuan.

Pada zaman modern perkembangan TIK mengalami kemajuan yang sangat pesat. Diawali dengan penemuan “Telegram” oleh Samuel Thomas Von Sommering pada tahun 1809 . Lalu muncul penemuan baru yaitu “Telepon” oleh Alexander Grahambell pada tahun 1879. Setelah itu TIK semakin berkembang dengan munculnya computer digital pertama yang diberi nama “ENJAC” pada tahun 1946.

Pada tahun 1957 satelit buatan manusia pertama milik Uni Sovyet bernama “Sputnik” diluncurkan ke orbit. Dan Pada tahun 1969 ARPANET yang merupakan cikal bakal internet digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk suatu jaringan. Pada tahun 1991 World Wide Web (WWW) mulai dirintis oleh Europen Laboratory for Particel Phisyc atau dikenal dengan CERN .

 

C.   KomponendanBagian TIK.
Komponen teknologi informasi merupakan sub sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi, umumnya dibutuhkan setidaknya tiga komponen utama :
a)      Komponen TIK
Perangkat keras disini merupakan perangkat fisik yang membangunsebuahteknologiinformasi. Contohperangkat di sinimisalnya : monitor, keyboard, mouse, printer, harddisk, memory, mikroprosesor, CD-ROM, kabeljaringan, antenna telekomunikasidanflaskdisk. Untuk teknologi perangkat keras akan dibahas lebih mendalam pada tulisan berikutnya pada categori Teknologi Perangkat KerasTeknologi Perangkat Input dan Teknologi Perangkat Output.
Ø  Perangkat lunak (software),
Perangkat lunak sistem merupakan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk dapat mengontrol semua perangkat keras, sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai sebuah sistem yang utuh. Perangkat lunak sistem lebih dikenal dengan sebutan sistem operasi. Misalnya: Sistem Operasi Windows, Linux, Unix, OS/2, dan FreeBSD. Perangkat lunak bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi maupun perangkat lunak sistem. Misalnya: Visual Basic, Delphi, Turbo C, Fortran, Cobol, Turbo Assembler,Program jadi siap pakai yang dibuat untuk keperluan khusus. Misalnya untuk keperluan multimedia ada perangkat lunak Jet Audio, Windows Media Player, WinAmp, Real Player. Untuk keperluan aplikasi perkantoran ada Microsoft Office dan Open Office yang terdiri atas beberapa program untuk berbagai keperluan seperti pengolahan kata, angka, data, dan presentasi. Untuk lebih lengkapnya topik perangkat lunak ini akan dibahas lebih detail pada Categori Teknologi Perangkat Lunak.Perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga; perangkat lunak sistemperangkat lunak bahasa pemrograman, dan perangkat lunak aplikasi.
Ø  Manusia (brainware).
Sementara brainware atau orang merupakan pengguna, pemelihara, pembuat sistem teknologi. Tanpa komponen ini perangkat keras dan perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa.

b)      Bagian Teknologi Infomasi dan Komunikasi
Bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rancangan, pengelolaan, pengembangan dan pemutakhiran sistem, data, struktur dan infrastruktur informasi pendidikan, pelatihan dan penataran keuangan negara serta hubungan masyarakat.
Bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri atas:
ü  Sub bagianSistemInformasi
Subbagian Sistem Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan, pengembangan dan pemeliharaan data dan sistem informasi pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara di lingkungan Badan.
ü  Sub bagianDukunganTeknis
Subbagian Dukungan Teknis mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan, pengembangan dan pemeliharaan struktur dan infrastruktur teknologi informasi di lingkungan Badan.
ü  Sub bagianKomunikasiPublik
Subbagian Komunikasi Publik mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan program komunikasi publik di bidang pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara.

D.   PenerapanTIK dalam dunia Pendidikan
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebihsamadengan TIK yang kitakenalsaatini. Encarta Dictionary mendeskripsikantelematics sebagaitelecommunication + informatics ( telekomunikasi + informatika ) meskipunsebelumnya kata itubermaknascience of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-booke-learninge-laboratorye-educatione-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanyafeedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat itu.
v  Buku Elektronik
Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun moviesehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas sekitar 700MB), DVD atau digital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.

v  E-learning
Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet. Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki. Bila diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi. Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet. Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

v  Peranan TIK dalam Pendidikan
a.       TIK sebagai skill dan kompetensi
· Penggunaan TIK harus proporsional maksudnya  TIK bisa masuk kesemua lapisan masyarakat tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.
b.      TIK sebagai infratruktur pembelajaran
·         Tersedianya bahan ajar dalam format
·         digitalThe network is the school
·         Belajardimanasajadankapansaja
c.       TIK sebagai sumber bahan belajar
·         Ilmu berkembang dengan cepat. 
·         Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia
·         Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
·         Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
·         Tanpa teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama
d.       TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
·         Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
·        Memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
·         Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
·         Akui isi pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru
·    Rasioantara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian fasilitas
e.       TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran
·         Tiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
·         Transaksi dan interaksi interaktif antar stake holder memerlukan pengelolaan back office yang kuat
·         Kualitas layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
·         Orang merupakan sumber daya yang bernilai
f.       TIK sebagai sistem pendukung keputusan
·         Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
·         Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu
·         Profilinstitusi  pendidikan diketahui oleh pemerintah.

v  Dampak Positif dan Negatif TIK dalam Pendidikan
a.      Dampak Positif  TIK di bidang pendidikan:
·         Informasi yang dibutuhkanakan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
·         Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
·         Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
·        Sistemadministrasipadasebuahlembagapendidikanakansemakinmudahdanlancarkarenapenerapansistem TIK.

b.      Dampak Negatif TIK di bidang pendidikan
·         Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
·         Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
·     Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention)
E.   Macam-macamPerangkat TIK
1.      Cash Register
Cash Register yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.Mesin penghitung Uang / Cash Register yang membuat adalah James Jacob Ritty pada tahun 1879.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTXn3Lp9nP5haPfQR75atbqZXW5k-Y0Cx5flPsHvxG4pj_ZogTbGfhxxwzVdv1T9tyoaw0vT-JecLIB_r-9qsiUJLDwXn18dWCGv6TTu4bSygqAhoCrFAaHowlTWts80ttQPJ3eRwvanME/s200/cash+register+1.jpg
2.      Kalkulator
Kalkulator itu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka.https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCJDJlSxXaOKnIfkuJ-c5dn6VNo0_yxQgFvH1s8IRqt-Bx9-gVGtzgy8YRpcpOIQJfds4Pk_LPlcqKWD-S_qqMGkQBHiS8Q9t8fWQqXjuRp_2CnGObC_r9ojL15udNeEq_6hMqLYyF9NFs/s200/Kalkulator.jpg
3.      Komputer
Komputer yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQbXVUbV8C16VIceSBBBRdRQuf-2WomI2lmfooStsQgcJB-u-butlKYmqXSl5JXq5h1hA3H-5L1VrzPgj3EHLAIZ-SshrZMndPfdAvs0HW1iBgN6tbgpRnyEvLyIhghP6c1c4KR90NZA0p/s200/computer.jpg
4.      Laptop /Notebook
Laptop/Notebook yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat dilipat dan dibawa ke mana sajakarena menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiluI1yIr4Viw7NO5yED5i9E83ZLN4rexEBF20U87ftw7lsch8pb8yP7tgrXvfXOoCggKpQSNT4RZPwBTjshNyP6vvN3qvhG6YhxLe9pV5UaCCfh4X5vD1cGFNL4uI0722kQkCk_ZP4iA3/s200/Laptop.jpg
5.      Deskbook
Deskbook yaitu peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan Monitor sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik langsung.Karena belum dilengkapi batterai.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiratTyTszfA2JmHWeeBvrPJXEQNnOJ8ItIJ_H7czpLmXxGiU99oR8H4hhBJp5pl0oGmBpOmYIkZUfMDTaySGbPu_hyphenhyphenKGvhin5NUi8TMl1WKBav0OLKX-wkEacm3CgPH6z6FR5tRXyxlHNy/s200/Deskbook.jpg
6.      Personal Digital Assistant (PDA) / Komputer genggam
Personal Digital Assistant (PDA) / Komputer genggamyaitu peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan saku, tetapi manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai Handphone (PDA Phone).PDA pertama kali muncul pada tahun 1986 dengan diluncurkannya The Psion Organiser II.PDA pertama ini berbentuk seperti komputer genggam yang dilengkapi dengan keyboard dan layar yang kecil
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3X-YjLnTdECaWyjZ3MDEBvrhxAQzGzw7nOLwzCGkDi3yDlADYlcygstVBZrJm7kipNlv7icpURcbO6T3Lcj9UKf2AYIyyXDanQKa8g8IOSKDbhHaFZql-QezudQDlTAevPPNpx6s6INND/s200/PDA.jpg
7.      Kamus Elektronik
Kamus Elektronikyaitu perlatan elektronik yang digunakan untuk untuk menterjemahkan antar bahasa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipBOlRYsLdTGby0rG-1Hp3ARIXPCj0Xf8lMSJUefOr1pTFEmYuGLD96l95xsyheFKNxn3_sUNB1lPw0t_kNjiHvgDWmO9gyzikonCX4bGh6Y33Wo2omFBbCtqTInmJJiGiiZ4Mqhyphenhyphenx3fYn/s200/E-kamus.jpg
8.      MP4 Player
MP4 Playeryaitu peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk3zvDZQLUz8V68KM5U1l3pHfYle5Zqid3NyOdITeqVeMUFIOZDDzM7xMBzc6phn5vcq0SAy-rQZW3hU-5FlrkwCUXdgrWJUZhH6NSvAMNDrmyrCUeyosa7LAf6lesC_h0k9phKLs5iuHj/s200/MP4.jpg
9.      Kamera digital
Kamera digital yaitu perlatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_b8TcVpsa-vL8gx5xIDQb4_LyCUjCDj75657zqfGwaA1YomwSFDwTkcCuIXbR-Ase4AY6dsDrj0zagxMubmvlMCeTHBp8UML9quh4y7K2-_E294GqHodsxUnNoaW0DSbVG2b-K7FNZUQu/s1600/Kamera+Ditigal.jpg
10.  Alqur’an Digital
Alqur’an Digital yaitu Perlatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi Alqur’an yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFiLjhphUfzbFCW9YQ_UmMPo7nN-HYmuIeItTwVAlVPpMwGf6b8b-soi6ObNDXhtUGmxdtYsFFP39Kyj8hyphenhyphenc1SSuhWCWGh-In-Zovfmlk4cunNKWRiYm6EhU-6Qb1lX_u_FyJmSqVYZ_xS/s200/E-Al-quran.jpg
11.  Flash disk
Flash disk yaitu media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEWq4bbRpncOYGaFR2b4-4YDIr9Oui4fM4iRfAzBIbi6vH5I6AS6TFbLcAIjd5wkgQR-fyC6LNWvXw1-mj_U0q9a6kH3JRbn5f3fenkun5BZSe7mFLzaRvrFo6yRfUIMm7NszkqEL087CQ/s1600/Flashdisk.jpg
12.  MP3 Player
MP3 Player yaitu Perlatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYhr41fYjqOUYekVxetXI5OMNilYXEXuBqL5LM9kZudKSfj1mNWoYx-5qs9Pv9hQ_z0b0jBFnh2ZoAISIVhyphenhyphenCqzM0C5dNjIQf6Mr7i3EeAzqD9aXQIjpWGNSe_UfKPDpjTehPusL2yvX01/s200/mp3+%282%29.jpg
13.  Televisi
Televisi yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung.Sebuah system elektronik yang dapat menerima pesan ataupun sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang.Televisi ditemukan oleh Gottileb Paul Nipkow pada tahun 1860-1940.Macam-macam televisi dibedakan menjadi televisi digital dan analog.Televisi digital adalah sebuah teknologi yang diterapkan pada sinyal siaran televisi atau jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke pesawat televisi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHmAKdLoIPQH0alCFHUcy1Ycc-jQHUgNx4cKWs7wxPakWJclJ31B-kcGTrpqbzgnrlJrrQVJ54iqmaW5aPqXFEWXy-_JG86gszCBunhgXV36Ln8r-2gwV-VVGLinYBV2YPjJgzMUKfqzNl/s200/TV.jpg
14.  Radio
Radio yaitu peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.Dalam sebuah radio, terdapat tiga komponen yang mendukung yaitu system pemancar, sumber suara, dan antena pemancar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjk3kydISotLMU-3NPndGl04xkGs6EuWFAlR9G9JCALvFv2bdmV5aL81-fuBnk6xZPLfqzT9-KlGIM818OMnghXeBnDwteDjXcD4efcbxyfQTOZ-E9E5Xv2E-OLwEp-p7Wdi6Xt-4riD-Q/s200/radio.jpg
15.   Koran
Koran yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfX4RYWrzrvGFMz7fFkcMi1QFYJz_3aLhXIE0H1HPj8CLzCDaAc8jRsuXyK3MSwkwxBao_1uJoefzoAHbA5GuXDvlChJAtN5S_XAbDRgiz57h2qRarIAn9fRqLvPHzsxMRScNx4eCryyuJ/s200/pers.jpg


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah merupakan yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi, TIK mencakup dua aspek yaitu, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi informasi dan meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat sebagai bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi, sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya. Di jaman sekarang semakin maju, Teknologi akan semakin berkembang. Dengan adanya Teknologi Komunikasi akan memungkinkan bagi siapa saja yang ingin mengenali dan memahami lebih baik tentang perkembangan teknologi terutama yang berhubungan dengan komunikasi. Teknologi Komunikasi tersebar dimana saja bahkan dalam wujud yang sangat dikenali siapa saja, tidak heran kalau misalnya di masa depan Teknologi Komunikasi semakin berkembang.Kegiatan belajar mengajar diharapkan agar dapat lebih menyenangkan, menarik dan lebih efektip serta efisien apabila memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui penerapan system pembelajaran elektronik (e-learning) yaitu metode belajar yang melibatkan alat-alat canggih seperti computer dan internet, video, flash, infokus dan sebagainya.
B.     Saran
Dalam perkembangan jaman yang semakin maju, akan bisa dipastikan bahwa perkembangan teknologi akan mengalami perkembangan. Dan dampak yang akan terjadi juga akan sangat besar bagi kehidupan manusia, akan sangat baik sekali jika perkembangan jaman dan teknologi tersebut juga dibarengi dengan kedewasaan diri dalam pemanfaatan teknologi. Karena bisa saja pemanfaatan teknologi tanpa adanya perhatian khusus dan pemahaman yang lebih baik akan mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.Olehkarenaitusebagaimahasiswakitaharusmenggunakan TIK denganbaikdanmemanfaatkannyadenganbaik.


DAFTAR PUSTAKA

http://ulwanamrullah.blogspot.com/2015/12/makalah-tik.html
http://felinitoporundeng.blogspot.com/2013/09/makalah-teknologi-informasi-dan.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Kesaktian Pancasila

Biodata Diri