MAKALAH TIK
MAKALAH KOMPUTER
TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI (TIK)

Oleh
Nama : Egi Emeninta Karina Br Gurusinga
NPM : 1805030046
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS QUALITY
MEDAN
2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa penyususan makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan karena berbagai keterbatasan kemampuan dan fasilitas
yang dimiliki oleh penulis.
Makalah ini dibuat
dengan tujuan agar pembaca dapat lebih memahami, mengerti dan menambah ilmu
pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang saya sajikan dari
berbagai sumber baik itu dari sumber internet, buku, dan pemikiran saya
sendiri.
Semoga makalah ini
dapat bermanfaat bagi pembaca ataupun pendengar.Mudah-mudahan dapat memberikan
atau menambah wawasan yang lebih luas lagi. Penulisan makalah ini bertujuan untuk
memenuhi salah satu tugas Komputer. Makalah ini
berjudulTeknologiInformasidanKomunikasi.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan
baik isi maupun penulisan tata bahasa dalam makalah ini.Untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca guna
kesempurnaan makalah ini. Agar makalah ini dapat berguna bagi semua orang.
Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih.
Medan, Desember 2018
Penulis
EgiEmeninta Karina
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .............................................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah .......................................................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan ............................................................................................................ 2
D. Manfaat Penulisan ......................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian TIK............................................................................................................... 3
B.Sejarah TIK...................................................................................................................... 4
C.KomponendanBagian TIK.............................................................................................. 5
D.Perkembangan TIKdalamDuniaPendidikan.................................................................... 7
E.Macam-macamPerangkat TIK......................................................................................... 11
BAB III PENUTUP
A. Simpulan ........................................................................................................................ 16
B. Saran .............................................................................................................................. 16
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 17
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Indonesia pernah
menggunakan istilah telematika (telematics)untuk arti yang kurang
lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta
Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication +informatics (telekomunikasi
+informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data
transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan
telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang
kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk
menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi
proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi
pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak
terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK.
Pada dasarnyasetiap
orang dapat berkomunikasi satusamalainya karena yang lainnya karena manusia
selain mahluk individu juga sekaligus mahluk sosial yang memiliki kebutuhan
untuk berkomunikasi dengan sesama. Teknologi adalah
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia menyelesaikan masalahnya.Teknologi informasi dan komunikasi adalah
alat-alat hasil perkembangan teknologi yang dipergunakan dalam pengumpulan,
pengolahan, dan penyaluran informasi sebagai salah satu proses komunikasi.
Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang sesuai zamannya.
Teknologi informasi
serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deretukur. Dari tahun ke
bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam, dan dari
jam ke detik.Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat pada suatu
argumen, bahwa: informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus kehilangan
kehumanisannya.
Manusia tidak bias
lepas dari pendidikan yang sebenarnya juga merupakan kegiatan informasi, bahkan
dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat
disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.
B.
Perumusan masalah
1. Apa Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi?
2. Apa Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
dunia Pendidikan?
3. Bagaimanakah manusia mengenal teknologi
Informasi pada zaman dahulu?
4. Hal – hal apa sajakah yang termasuk ke dalam komponen
teknologi informasi?
C.
Tujuan penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas maka tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai
berikut:
Ø Untuk mengetahui dan memahami Pengertian Teknologi
Informasi dan Komunikasi.
Ø Untuk mengetahui Manfaat Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam dunia Pendidikan.
Ø Supayamanusia mengenal teknologi Informasi pada
zaman dahulu.
Ø Hal – hal apa saja yang termasuk ke dalam
komponen teknologi informasi.
D.
Manfaat penulisan
Adapun
manfaat penulisan makalah ini adalah :
Ø Mempelajari tentang TeknologidanKomunikasi.
Ø Mengetahui bagaimana manfaatTeknologidanKomunikasidalamduniapendidikan.
Ø
Untuk memenuhi salah satu tugas Komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Teknologi Informasi dan Komunikasi
TIK
( TeknologiInformasidanKomunikasi ) adalahpayungbesar terminology yang
mencakupseluruhperalatan teknis untuk
memproses dan menyampaikan informasi, TIK mencakup dua aspek yaitu, teknologi
informasi dan komunikasi, teknologi informasi meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,manipulasi,dan
pengelolaan informasi,Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang
berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data
dari perangkat satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan
teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi, Teknologi Informasi dan
Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan
pemerosesan, manipulasi, pengelolaaan, pemindahan informasi antar media.
Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi computer (baik
perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada
pertengahan abad ke-20.
1. Teknologi Informasi adalah
studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan,
menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata,
bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
2. Teknologi Informasi adalah
seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan
tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag
& Keen, 1996)
3. Teknologi Informasi tidak
hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan
untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi
komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
4. Teknologi Informasi adalah
segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan
informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000).
5. Teknologi Informasi adalah
teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William
& Sawyer, 2003).
6. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan perangkat
keras yang bersifat organisatoris dan meneruskan nilai nilai sosial dengan
setiap individu atau dengan mengumpulkan banyak orang, proses dan saling
mempertukarkan informasi dengan individu atau dengan khalayak lain (Everett MR 1986).
7. Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi
yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
memanipulasi data dengan bagai cara untuk menghasilkan informasi yang
berkualitas (Wawan
Wardiana (2000).
Dari
pendapat-pendapat para ahli diatas yang sebenarnya masih banyak lagi, mungin
kesimpulannya bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah alat atau
teknologi yang digunakan untuk memperoleh informasi.
Kesimpulan
pengertian ini tidak lepas dari arti teknologi informasi dan komunikasi dalam
kamus bahasa Indonesia. Jika teknologi yang dimaksud menggunakan alat elektronis
yang dapat berupa komputer, maka sangat jelas teknologi informasi dan
komunikasi dapat proses pengolahan data berupa informasi dengan menggunakan
perangkat komputer yang berfungsi memproses termasuk menyimpan dan menghasilkan
informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Pemprosesan data (informasi) dengan
melalui perangkat komputerakan berkaitan dengan perangkat lunak dan perangkat
keras, dari dua hal inilah proses berlangsung, dimana perangkat keras
menyangkut dengan alat-alat fisik sedangkan perangkat lunak berupa aplikasi
yang dimiliki komputer yang bertujuan untuk mengatur perangkat keras dalam
bekerja.
B.
Sejarah
TIK
Teknologi Informasi dan
Komunikasi ( TIK ) sebenarnya telah dikenal oleh manusia sejak beraabad-abad
lalu. Sejak manusia pertama ada dimuka bumi, manusia selalu berusaha untuk
mengkomunikasikan segala sesuatu yang ada disekitarnya dengan berbagai cara.
Zaman prasejarah adalah
masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Pada masa itu manusia berkomunikasi
dengan bahasa isyarat dan bahasa lisan yang masih sangat sederhana. Manusia
saat itu juga mempunyai tradisi membuat lukisan-lukisan didinding gua. Pada
tahun 3000 SM, Bangsa Sumeria telah mengenal tulisan dalam bentuk symbol-simbol
yang dinamakan “pictograf”. Hal ini membuat mereka menjadi bangsa pertama
didunia yang mengenal tulisan. Semenjak bangsa-bangsa didunia mengenal tulisan,
cara berkomunikasi manusia semakin mengalami kemajuan.
Pada zaman modern
perkembangan TIK mengalami kemajuan yang sangat pesat. Diawali dengan penemuan
“Telegram” oleh Samuel Thomas Von Sommering pada tahun 1809 . Lalu muncul
penemuan baru yaitu “Telepon” oleh Alexander Grahambell pada tahun 1879.
Setelah itu TIK semakin berkembang dengan munculnya computer digital pertama
yang diberi nama “ENJAC” pada tahun 1946.
Pada tahun 1957 satelit
buatan manusia pertama milik Uni Sovyet bernama “Sputnik” diluncurkan ke orbit.
Dan Pada tahun 1969 ARPANET yang merupakan cikal bakal internet digunakan oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menghubungkan sejumlah computer
sehingga membentuk suatu jaringan. Pada tahun 1991 World Wide Web (WWW) mulai
dirintis oleh Europen Laboratory for Particel Phisyc atau dikenal dengan CERN .
C.
KomponendanBagian TIK.
Komponen teknologi informasi merupakan sub sistem yang terbentuk
sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi, umumnya dibutuhkan setidaknya tiga komponen
utama :
a)
Komponen TIK
Perangkat keras disini merupakan perangkat fisik yang membangunsebuahteknologiinformasi.
Contohperangkat di sinimisalnya : monitor, keyboard, mouse, printer, harddisk,
memory, mikroprosesor, CD-ROM, kabeljaringan, antenna
telekomunikasidanflaskdisk. Untuk teknologi perangkat keras akan dibahas lebih mendalam pada
tulisan berikutnya pada categori Teknologi Perangkat Keras, Teknologi Perangkat Input dan Teknologi Perangkat Output.
Ø
Perangkat lunak (software),
Perangkat lunak sistem merupakan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk dapat
mengontrol semua perangkat keras, sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai
sebuah sistem yang utuh. Perangkat lunak sistem lebih
dikenal dengan sebutan sistem operasi. Misalnya: Sistem Operasi Windows, Linux,
Unix, OS/2, dan FreeBSD. Perangkat lunak bahasa pemrograman merupakan perangkat
lunak yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi maupun perangkat lunak sistem. Misalnya: Visual Basic, Delphi, Turbo C,
Fortran, Cobol, Turbo Assembler,Program jadi siap pakai yang dibuat untuk
keperluan khusus. Misalnya untuk keperluan multimedia ada perangkat lunak Jet
Audio, Windows Media Player, WinAmp, Real Player. Untuk keperluan aplikasi
perkantoran ada Microsoft Office dan Open Office yang terdiri atas beberapa
program untuk berbagai keperluan seperti pengolahan kata, angka, data, dan
presentasi. Untuk lebih lengkapnya topik perangkat lunak ini akan dibahas lebih
detail pada Categori Teknologi Perangkat Lunak.Perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga; perangkat lunak sistem, perangkat lunak bahasa pemrograman, dan perangkat lunak aplikasi.
Ø
Manusia (brainware).
Sementara brainware atau orang merupakan pengguna, pemelihara, pembuat
sistem teknologi. Tanpa komponen ini perangkat keras dan perangkat lunak tidak
akan berarti apa-apa.
|
b)
Bagian Teknologi Infomasi dan Komunikasi
Bagian Teknologi
Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rancangan,
pengelolaan, pengembangan dan pemutakhiran sistem, data, struktur dan
infrastruktur informasi pendidikan, pelatihan dan penataran keuangan negara
serta hubungan masyarakat.
Bagian Teknologi
Informasi dan Komunikasi terdiri atas:
ü Sub bagianSistemInformasi
Subbagian Sistem Informasi mempunyai tugas melakukan
penyiapan bahan penyusunan rancangan, pengembangan dan pemeliharaan data dan
sistem informasi pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara di
lingkungan Badan.
ü Sub bagianDukunganTeknis
Subbagian Dukungan Teknis mempunyai tugas melakukan
penyiapan bahan penyusunan rancangan, pengembangan dan pemeliharaan struktur
dan infrastruktur teknologi informasi di lingkungan Badan.
ü Sub bagianKomunikasiPublik
Subbagian Komunikasi Publik mempunyai tugas melakukan
penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan program komunikasi publik di bidang
pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara.
|
D.
PenerapanTIK dalam dunia
Pendidikan
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebihsamadengan TIK yang kitakenalsaatini. Encarta
Dictionary mendeskripsikantelematics sebagaitelecommunication + informatics (
telekomunikasi + informatika ) meskipunsebelumnya kata itubermaknascience of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya
melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di
berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan.
Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit,
animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi
pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak
terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan
itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai
dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi
elektronika digital. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah
memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran
informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk
mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran
masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah
tidak adanyafeedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu
dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan
kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar,
suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan
yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu
memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi
hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang
berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed).
Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran
secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator
tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video
conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan
pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain
aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan
lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat itu.
v
Buku Elektronik
Buku elektronik atau e-book adalah
salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi
multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat
diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun moviesehingga
informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional.
Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan
buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan
teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas
sekitar 700MB), DVD atau digital
versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia
sampai 16 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih
cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia
Britannica yang
merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia
memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis
tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan
tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis
musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud
oleh penyaji.
v
E-learning
Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi
pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan
jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi,
dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung
dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Definisi yang lebih luas dikemukakan
pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah
pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada
dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan
memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi
informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi
pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan
televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya
disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan
teknologi internet. Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana
adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan
materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber
belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki.
Bila diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus untuk situs pembelajaran
tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi. Fasilitas e-learning yang
lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak
pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi
internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet.
Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik,
pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk
pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara
pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan
kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara
pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau
pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.
v Peranan TIK dalam Pendidikan
a. TIK sebagai skill
dan kompetensi
· Penggunaan TIK harus proporsional maksudnya
TIK bisa masuk kesemua lapisan masyarakat tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.
b. TIK
sebagai infratruktur pembelajaran
·
Tersedianya bahan ajar dalam format
·
digitalThe network is the school
·
Belajardimanasajadankapansaja
c. TIK sebagai sumber bahan belajar
·
Ilmu berkembang dengan cepat.
·
Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia
·
Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
·
Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
·
Tanpa teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu
yang lama
d. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
·
Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
· Memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan
ajar
·
Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
·
Akui isi pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan
guru
· Rasioantara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan
proses pemberian fasilitas
e. TIK
sebagai pendukung manajemen pembelajaran
·
Tiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
·
Transaksi dan interaksi interaktif antar stake holder
memerlukan pengelolaan back office yang kuat
·
Kualitas layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
·
Orang merupakan sumber daya yang bernilai
f. TIK sebagai sistem pendukung keputusan
·
Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
·
Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu
·
Profilinstitusi
pendidikan diketahui oleh pemerintah.
v
Dampak Positif dan Negatif TIK
dalam Pendidikan
a.
Dampak Positif TIK di bidang pendidikan:
·
Informasi yang dibutuhkanakan semakin cepat dan mudah di
akses untuk kepentingan pendidikan.
·
Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi
e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
·
Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas
virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang
pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
· Sistemadministrasipadasebuahlembagapendidikanakansemakinmudahdanlancarkarenapenerapansistem
TIK.
b.
Dampak Negatif TIK di bidang pendidikan
·
Kemajuan TIK
juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual
(HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang
bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
·
Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah
system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat
fatal.
· Salah
satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu
yang singkat (short span of attention)
E.
Macam-macamPerangkat TIK
1. Cash Register
Cash Register yaitu
alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.Mesin
penghitung Uang / Cash Register yang membuat adalah James Jacob Ritty pada
tahun 1879.
2. Kalkulator
3. Komputer
Komputer yaitu alat
berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam
mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain
waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara,
video dan animasi.
4. Laptop /Notebook
Laptop/Notebook yaitu
peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat
dilipat dan dibawa ke mana sajakarena menggunakan bantuan baterai charger
sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik.
5. Deskbook
Deskbook yaitu
peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan
Monitor sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi
masih harus menggunakan listrik langsung.Karena belum dilengkapi batterai.
6. Personal Digital Assistant (PDA) / Komputer genggam
Personal Digital
Assistant (PDA) / Komputer genggamyaitu peralatan sejenis komputer tetapi
bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan saku, tetapi manfaatnya hampir
sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga
dapat berfungsi sebagai Handphone (PDA Phone).PDA pertama kali muncul pada
tahun 1986 dengan diluncurkannya The Psion Organiser II.PDA pertama ini
berbentuk seperti komputer genggam yang dilengkapi dengan keyboard dan layar
yang kecil
7. Kamus Elektronik
Kamus Elektronikyaitu perlatan elektronik yang
digunakan untuk untuk menterjemahkan antar bahasa.
8. MP4 Player
MP4 Playeryaitu peralatan yang digunakan sebagai media
penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game.
9. Kamera digital
Kamera digital yaitu perlatan yang digunakan untuk
menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara
digital atau disk.
10. Alqur’an Digital
Alqur’an Digital yaitu Perlatan yang digunakan untuk
menyimpan data berisi Alqur’an yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
11. Flash disk
Flash disk yaitu media penyimpanan data yang berbentuk
Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.
12. MP3 Player
MP3 Player yaitu Perlatan yang dapat menyimpan data
sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
13. Televisi
Televisi yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk
menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara
langsung.Sebuah system elektronik yang dapat menerima pesan ataupun sinyal
berupa gambar dan suara melalui gelombang.Televisi ditemukan oleh Gottileb Paul
Nipkow pada tahun 1860-1940.Macam-macam televisi dibedakan menjadi televisi
digital dan analog.Televisi digital adalah sebuah teknologi yang diterapkan
pada sinyal siaran televisi atau jenis televisi yang menggunakan modulasi
digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke
pesawat televisi.
14. Radio
Radio yaitu peralatan elektronik yang digunakan untuk
menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi
yang telah ditetapkan.Dalam sebuah radio, terdapat tiga komponen yang mendukung
yaitu system pemancar, sumber suara, dan antena pemancar.
15. Koran
Koran yaitu media cetak yang digunakan untuk
menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah merupakan
yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan
informasi, TIK mencakup dua aspek yaitu, teknologi informasi dan komunikasi,
teknologi informasi dan meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan
alat sebagai bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi, sedangkan teknologi
komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu
untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya. Di jaman
sekarang semakin maju, Teknologi akan semakin berkembang. Dengan adanya
Teknologi Komunikasi akan memungkinkan bagi siapa saja yang ingin mengenali dan
memahami lebih baik tentang perkembangan teknologi terutama yang berhubungan
dengan komunikasi. Teknologi Komunikasi tersebar dimana saja bahkan dalam wujud
yang sangat dikenali siapa saja, tidak heran kalau misalnya di masa depan
Teknologi Komunikasi semakin berkembang.Kegiatan belajar mengajar diharapkan
agar dapat lebih menyenangkan, menarik dan lebih efektip serta efisien apabila
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui penerapan system
pembelajaran elektronik (e-learning) yaitu metode belajar yang melibatkan
alat-alat canggih seperti computer dan internet, video, flash, infokus dan
sebagainya.
B. Saran
Dalam perkembangan jaman yang semakin maju, akan bisa
dipastikan bahwa perkembangan teknologi akan mengalami perkembangan. Dan dampak
yang akan terjadi juga akan sangat besar bagi kehidupan manusia, akan sangat
baik sekali jika perkembangan jaman dan teknologi tersebut juga dibarengi
dengan kedewasaan diri dalam pemanfaatan teknologi. Karena bisa saja
pemanfaatan teknologi tanpa adanya perhatian khusus dan pemahaman yang lebih
baik akan mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.Olehkarenaitusebagaimahasiswakitaharusmenggunakan
TIK denganbaikdanmemanfaatkannyadenganbaik.
DAFTAR PUSTAKA
http://ulwanamrullah.blogspot.com/2015/12/makalah-tik.html
http://felinitoporundeng.blogspot.com/2013/09/makalah-teknologi-informasi-dan.html















Komentar
Posting Komentar